-->
Nafiun.com

Jurnal, Artikel Ilmiah, Referensi, Sains, Teknologi, Materi Pelajaran, Cerita Rakyat, Dongeng.

Tuesday, March 31, 2015

Batik Lukis

Perpustakaan Cyber (31/3/2015) - Batik adalah suatu produk seni yang bernilai tinggi. Memiliki sejarah yang panjang dan mendunia, batik menjadi salah satu kain yang paling dicari oleh banyak orang di seluruh dunia. Batik tulis dicari karena batik tulis adalah barang yang sangat eksklusif karena tidak ada satu batik tulis di dunia yang sama dengan batik tulis lainnya, pembuatannya juga sangat lama. Sementara batik cap juga memiliki nilai seni tertentu, karena pembuatannya butuh ketelitian yang tinggi.

Sebagaimana batik, seni dan ilmu pengetahuan pastilah akan semakin berkembang. Perkembangan seni batik juga semakin meluas. Banyak sekali karya-karya batik kontemporer yang tidak lagi klasik tetapi tetap memiliki nilai seni yang sama tinggi dan tetap modern. Batik lukis adalah hasil dari perkembangan seni batik.

Batik lukis adalah batik kreasi baru. Inti dari batik lukis adalah proses membatik yang tidak menggunakan motif tradisional yang sudah biasa ditemukan. Motif yang digunakan adalah hasil kreasi pembuatnya.


Batik Lukis

Batik lukis adalah proses pembuatan batik dengan cara langsung melukis pada kain putih. Karena merupakan pengembangan dari batik tulis klasik, batik lukis masih mengandung unsur yang sama dengan batik tulis dalam aspek bahan, pemrosesan, dan pewarnaan. Bagaimanapun juga karena terpengaruh seni lukis modern, terdapat banyak sekali perbedaan dalam hal tampilan, terutama pada motif dan warna.

Pembuatan Batik Lukis

Batik lukis memiliki sedikit kesamaan dalam hal proses pembuatannya dengan batik tulis dan batik cap. Media lukisan adalah bahan yang sama dari kain yang digunakan untuk batik tulis dan batik cap. Sebelum melukis sketsa dibuat pada kain atau lukisan dibuat tanpa sketsa. Membuat lukisan langsung tidak begitu mudah karena memang pada dasarnya pembubuhan lilin ke kain tidaklah semudah membuat sketsa. Pembubuhan bisa dilakukan dengan canting biasa atau menggunakan kuas tergantung pembuat karya.

Pewarnaan

Pewarnaan pada batik lukis cenderung bebas dan memainkan banyak warna yang tidak sering dijumpai pada batik tulis. Terdapat pula efek gradasi dan efek seni lukis lainnya. Efek tersebut dibuat menggunakan kuas, kapas, atau kain perca. Karena terdapat kebebasan dalam memilih warna, pada batik lukis cenderung ditemukan warna yang luar biasa terang. Gambar yang dibuat juga seakan-akan batik lukis adalah seni lukis biasa yang dituangkan pada kain dengan media lilin,

Lilin Dihilangkan

Lilin akan dihilangkan dengan cara yang sama dengan batik tulis yaitu dilorod. Banyak pembuat batik lukis yang cenderung suka mengerok lilin dibandingkan melorod karena terdapat efek tertentu yang didapatkan dari hasil kerokan tersebut. Setelah itu batik juga mengalami proses pengepresan yang sama. Hal ini dilakukan untuk benar-benar membersihkan lilin dan membuat kain semakin halus dan lentur.

Seni Populer

Sebagai seni kontemporer, batik lukis populer karena memiliki harga yang sangat terjangkau dan proses pembuatannya yang sangat kreatif. Hal ini menambah jumlah seni yang ada di Indonesia karena dari seni batik lukis, dilahirkan banyak sekali turunan seni yang memiliki nilai estetika bahkan fungsional yang tinggi.

Kain batik lukis memiliki keindahan tersendiri jika dijadikan pakaian. Dalam batik lukis yang dijadikan pakaian, pola yang sering ditemukan adalah pola yang repetitif seperti batik tulis biasa namun dengan sentuhan berjuta warna yang dimiliki oleh batik tulis. Gambar bebas seperti pemandangan atau objek tertentu juga terkadang bisa ditemukan tetapi sangat jarang digunakan sebagai pakaian.

Batik lukis yang memiliki objek manusia, pemandangan, still object dan lain-lain sekarang banyak sekali dicari untuk dibentangkan di dalam sebuah frame dan menjadi lukisan pajangan. Hal ini menunjukkan perkembangan seni yang semakin hebat karena tidak hanya dengan kanvas, media lukisan dengan kain dan lilin juga bisa menjadi populer.

Batik lukis juga dijadikan bahan untuk sapu tangan, gantungan kunci, dan suvenir-suvenir fabric lainnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Batik Lukis

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah secara bijak. Komentar yang tidak sesuai materi akan dianggap sebagai SPAM dan akan dihapus.
Aturan Berkomentar :
1. Gunakan nama anda (jangan anonymous), jika ingin berinteraksi dengan pengelola blog ini.
2. Jangan meninggalkan link yang tidak ada kaitannya dengan materi artikel.
Terima kasih.