-->
Nafiun.com

Jurnal, Artikel Ilmiah, Referensi, Sains, Teknologi, Materi Pelajaran, Cerita Rakyat, Dongeng.

Friday, May 28, 2021

Pengertian lengkap Meteor, Cahaya Meteor, Fireball dan Fase Meteor

Meteor adalah salah satu dari tiga fase benda yang disebut meteoroid. Meteoroid adalah benda metal atau batu yang menjelajahi ruang angkasa. Ketika bergesekan dengan bumi, meteoroid disebut meteor, dan ketika mendarat disebut meteorit. Meteoroid adalah benda yang memiliki ukuran lebih kecil daripada asteroid dan diperkirakan terbentuk dari pecahan benda yang menabrak Mars atau bulan. Meteoroid juga diperkirakan sebagai fragmen dari komet atau asteroid.

Meteor adalah seleret cahaya yang dapat dilihat dari mata telanjang akibat gesekan dan pemanasan meteoroid atau micrometeoroid dengan atmosfer bumi. Gesekan dan pemanasan tersebut akan menyebabkan materi yang bercahaya di sepanjang jalur jatuhnya meteoroid. Meteor umumnya terjadi di lapisan mesosfer di 76 km hingga 100 km di atas permukaan bumi. Karena hal itu meteor dinamakan dari kata Yunani meteoros yang artinya tergantung di udara.


Dalam sehari terjadi jutaan kali meteor dalam sehari. Meteor yang terjadi biasanya berukuran sebesar batu kerikil. Hujan meteor bisa terjadi jika terdapat puing komet yang melintas dekat dengan bumi. Biasanya meteor mulai dapat dilihat ketika mencapai ketinggian 120 km hingga 75 km di atas permukaan bumi, dan meteor mulai habis terbakar pada 95 km hingga 50 km di atas permukaan bumi. Penampakan meteor terjadi dalam waktu satu detik saja.

Cahaya

Meteor bercahaya karena gas yang mengekor di belakangnya dan sisa-sisa pencairan dan pembakaran material yang jatuh. Meteor yang jatuh bisa meninggalkan banyak warna dari cahaya yang terbentuk. Cahaya tersebut bisa berbeda-beda tergantung zat apa yang dikandung badan meteor dan kecepatan bergerak meteor. Cahaya yang terjadi berasal dari terpengaruhnya zat logam dalam meteoroid dengan plasma udara super panas. Kandungan di bawah ini akan menyebabkan seleret warna tertentu ketika meteor melewati mesosfer, sodium akan menghasilkan warna kuning kemerahan, besi akan menghasilkan warna kuning, biru dan hijau dihasilkan oleh magnesium, ungu disebabkan karena kalsium, dan merah disebabkan karena atmosfer tipis meteor yang mengandung nitrogen dan oksigen.


Fireball

Fireball adalah meteor yang menghasilkan cahaya yang sangat terang. Magnitude atau ukuran terang benda langit fireball adalah -4 dengan semakin kecil magnitude semakin terang cahaya benda langit. Meteor akan dikategorikan sebagai fireball jika memiliki magnitude di atas -3 jika dilihat dari zenith (titik langit tertinggi). Penampakan meteor yang muncul di atas cakrawala bisa lebih redup karena jarak, polusi cahaya, dan pembiasan cahaya akibat atmosfer. Fireball yang memiliki magnitude lebih terang dibanding -14 akan disebut bolide. Bolide adalah nama yang digunakan untuk mengidentifikasi meteor yang meledak ketika melalui mesosfer dan tetap melaju dengan terang hingga nanti jatuh ke bumi. Jika bolide memiliki magnitude yang lebih terang daripada -17, maka bolide akan disebut superbolide.

Fase Meteor

Meteor melalui tiga fase sebelum akhirnya redup dan jatuh ke bumi. Yang pertama adalah ionisasi molekul atmosfer, lalu diikuti dengan debu yang terbuang dari meteoroid, dan suara meteor.

Kita dapat melihat cahaya yang lewat sejenak karena ada jalur ionisasi yang sebenarnya merupakan atmosfer kita yang mencuri ion dari molekul meteor yang lewat. Lalu setelah itu meteor akan terus terbakar dan menghasilkan puing berupa debu meteor. Debu meteor bisa mempengaruhi iklim dan menyebabkan reaksi kimia tertentu di langit, debu meteor juga melepaskan radiasi elektromagnetik. Seleret meteor juga biasanya diikuti dengan suara semacam desis atau keretak api yang membakar, kadang-kadang bolide dan superbolide mengeluarkan suara ledakan yang terdengar jelas. Suara meteor muncul beberapa saat setelah seleret cahaya menghilang.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian lengkap Meteor, Cahaya Meteor, Fireball dan Fase Meteor

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah secara bijak. Komentar yang tidak sesuai materi akan dianggap sebagai SPAM dan akan dihapus.
Aturan Berkomentar :
1. Gunakan nama anda (jangan anonymous), jika ingin berinteraksi dengan pengelola blog ini.
2. Jangan meninggalkan link yang tidak ada kaitannya dengan materi artikel.
Terima kasih.