-->
Nafiun.com

Jurnal, Artikel Ilmiah, Referensi, Sains, Teknologi, Materi Pelajaran, Cerita Rakyat, Dongeng.

Friday, May 28, 2021

Panduan Memilih / Melanjutkan ke SMK atau SMA Biar Gak Bingung

Setiap tahun pada bulan April-Mei merupakan masa-masa dimana setiap pelajar memasuki masa ujian akhir sekolah. Baik yang akan naik kelas maupun yang melanjutkan tingkatan sekolah. sistem pendidikan formal di Indonesia dikenal dengan urutan SD,SMP dan SMA/SMK, dimana setiap jenjang pendidikan tersebut telah ditentukan jumlah tahunnya dimana SD selama 6 tahun, SMP selama 3 tahun, dan SMA/SMK juga selama 3 tahun. Saat ini pemerintah sedang giat-giatnya mencanangkan wajib belajar 9 tahun yang berarti pendidikan SD sampai SMP adalah gratis alias ditanggung oleh pemerintah. Hal ini diberlakukan agar setiap anak Indonesia dapat mendapatkan pendidikan formal 9 tahun secara gratis, dimana selama 9 tahun tersebut anak-anak diberikan pendidikan berhitung, IPS, IPA, Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, dan belajar beretika dan beragama yang benar.

Pendidikan dari SD sampai SMP disetiap sekolah yang dikelola baik oleh pemerintah maupun swasta boleh dikatakan tidak ada perbedaan yang signifikan baik dari mata pelajaran maupun bobot ujian akhirnya. Namun ketika seorang anak sudah memasuki akhir masa SMP maka sebaiknya sebagai orang tua dan guru sebaiknya mulai menanyakan dan memperhatikan minat dan bakat dari seorang anak, hal ini untuk memberikan pengarahan dimana sebaiknya anak tersebut melanjutkan pendidikannya.

Pendidikan SMA dan SMK bukanlah pendidikan yang ditanggung oleh pemerintah, karena itu sangat bijak bila seorang anak yang memiliki kecerdasan dibidang sains dan secara akademik memiliki nilai rata-rata yang tinggi sebaiknya dianjurkan untuk melanjutkan pendidikannya di SMA. Sedangkan Anak yang nilai akademiknya biasa-biasa saja namun memiliki sejumlah bakat ada baiknya di sarankan untuk melanjutkan pendidikannya di SMK.

Definisi dari SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) adalah sebuah penyelenggaraan pendidikan yang menerapkan sistem ganda, yang memadukan pendidikan formal sebanyak 40% dan pendidikan keahlian sebesar 60%. Dimana secara sistematik memadukan pendidikan profesional yang didapat dari kegiatan praktek langsung di dunia kerja dengan pendidikan etika dan pengetahuan umum lainnya. SMK memiliki banyak jurusan seperti Akuntansi, tata boga, perhotelan, otomotif, elektro (kelistrikan), kecantikan, perdagangan, dan yang lainnya

Sedangkan definisi dari SMA (Sekolah Menengah Atas) adalah jenjang pendidikan formal setelah SMP yang ditempuh selama 3 tahun, sistem pendidikannya memiliki 3 jenis jurusan yaitu sains, sosial, dan bahasa. SMA lebih mengutamakan kecerdasan akademik disetiap jurusan dibandingkan dengan praktek lapangan, siswanya juga lebih dipersiapkan untuk melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi. kemampuan siswa dinilai dari hasil rapor selama tiga tahun dan nilai ujian nasional, dimana mereka yang memiliki nilai tinggi berhak mendapatkan beasiswa kuliah di perguruan negeri.

Melanjutkan pendidikan ke SMK dan SMA sebenarnya memiliki kesempatan yang sama dalam dunia kerja, karena dalam dunia kerja keahlian dapat dipelajari namun kepribadian yang baik dan jujur juga mendapatkan nilai lebih bagi sebuah perusahaan.

1. Alasan Melanjutkan Pendidikan ke SMA atau SMK

Berikut ini beberapa alasan mengapa Seorang pelajar sebaiknya lebih memilih melanjutkan pendidikannya ke SMK (Sekolah Mengenah Kejuruan), antara lain :
  1. Setiap siswa SMK diberikan bekal keterampilan dan ilmu pengetahuan khusus yang sesuai dengan bakat, minat dan kemampuannya.
  2. Setiap siswa diberikan pengetahuan yang lebih banyak mengenai kewirausahaan dan dunia kerja, sehingga mereka memahami etika kerja dan memiliki etos kerja tinggi.
  3. Terdapat Pendidikan Sistem Ganda (PSG) dimana siswa terjun langsung dunia kerja yang bermanfaat untuk memberikan pengetahuan siswa mengenai praktek kerja sesungguhnya,  jadi mereka telah memiliki sedikit pengalaman dan tidak terlalu kaku dalam bersikap dan menempatkan diri di tempat kerjanya kelak.
  4. Setiap siswa dapat memilih jurusan sesuai dengan bakat dan minatnya, dan kemudian dikembangkan di SMK
  5. SMK dapat memudahkan alumninya dalam bekerja, sehingga orang tua yang memiliki tingkat ekonomi menengah kebawah mengharapkan anaknya kelak dapat langsung bekerja setelah lulus sekolah.
  6. Melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi baik negeri dan swasta membutuhkan biaya yang sangat mahal, jadi lebih baik bekerja dulu baru kemudian melanjutkan kuliah. Atau lebih memilih berwirausaha dari pada menjadi pekerja kantoran.
Setelah mengetahui beberapa alasan memilih melanjutkan pendidikan SMK diatas, berikut ini beberapa alasan memilik SMA untuk melanjutkan pendidikan formal, antara lain :
  1. Siswa SMA diarahkan menjadi seorang pemikir dengan mengutamakan pelajaran sains dan matematika.
  2. Siswa yang rajin membaca dan memiliki kesenangan menuntut ilmu yang lebih tinggi, lebih cocok di SMA karena pelajaran yang mereka dapatkan dapat mereka lanjutkan di perguruan tinggi.
  3. SMA cocok untuk Anak yang memiliki tingkat kecerdasan terhadap ilmu matematika, sains dan geografi dan sejarah. Apalagi bagi mereka yang bercita-cita ingin menjadi seorang dokter, dosen, insinyur, dan yang lainnya.
  4. Siswa yang ingin melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi sebaiknya memilih untuk ke SMA karena memang pada dasarnya sistem pendidikannya diperuntukkan untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi (universitas).
2. Apa Saja yang Dipelajari, Kelebihan dan Kekurangan dari SMK dan SMA

Pelajaran yang didapat seorang siswa yang belajar di SMK dan SMA memiliki perbedaan yang cukup signifikan, berikut ini beberapa pelajaran yang dipelajari di SMK, yaitu :

- Pendidikan dasar sesuai jurusan dan keahlian

- Pelajaran yang menunjang keahlian (membahas lebih dalam dari sebuah keahlian)

- Pendidikan etika kerja

- Pendidikan etos kerja dan menumbuhkan rasa percaya diri  (kepribadian)

- Praktek langsung di dunia kerja

- Pendidikan bahasa asing pendukung (Bhs. Inggris)]

Sedangkan pelajaran di SMA adalah :

- Pelajaran pengetahuan umum

- Pelajaran matematika dan seluruh bagiannya

- Pelajaran etika dan moral

- Pelajaran sesuai dengan jurusannya (sains, sosial, dan bahasa)

- Pendidikan kepribadian

- Dan berbagai organisasi-organisasi sekolah umum lainnya.

Setelah mengetahui secara garis besar perbedaan pelajaran yang diapatkan di SMK dan SMA, berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan SMK dan SMA.

Kelebihan dan kekurangan SMK, antara lain :

- SMK pendidikannya lebih mengarah pada satu jurusan keahlian yang telah dipilih, jadi lebih fokus pada keahlian

- Alumni SMK lebih memahami dunia kerja dan tidak mengalami kesulitan saat terjun langsung di  lapangan kerja atau industri.

- Bisa langsung bekerja saat lulus sekolah karena terkadang perusahaan membutuhkan tenaga kerja yang masih fresh (fresh graduate)

-  Biaya yang harus dikeluarkan lebih sedikit bila dibandingkan dengan SMA

-  Siswa SMK bisa bekerja sambil kuliah

- Beberapa SMK tidak memiliki tenaga pengajar dan tempat praktek yang memadai untuk mempraktekkan keahlian siswa.

- Tidak semua siswa SMK memiliki keahlian yang benar-benar baik, jadi terkadang kemampuanya bisa dikatakan kurang memadai untuk bekerja disebuah perusahaan yang besar atau multinasional.

Setelah mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan SMK beriktu ini  beberap Kelebihan dan kekurangan SMA, antara lain :

- Pelajaran SMA lebih detail dan dalam mengenai ilmu pengetahuan alam dan sosial

- Pelajar SMA dipersiapkan untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi

- Pelajaran SMA lebih ilmiah dan mengutamakan teori dari pada praktek

- Pengetahuan siswa SMA mengenai Ilmu Pengetahuan umum lebih luas namun pengetahuan dunia kerja sangat sedikit.

- Siswa SMA tidak dipersiapkan untuk bekerja, sehingga sedikit mengalami kesulitan saat harus terjun di dunia kerja.

- Siswa SMA sebaiknya melanjutkan pendidikannya di Perguruan Tinggi.

- Biaya pendidikan lebih mahal ketimbang SMK

SMK dan SMA memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, namun satu yang paling penting adalah kedua jalur pendidikan formal ini memerlukan keseriusan siswanya untuk menimba ilmu yang lebih baik. Dan satu yang paling penting adalah memiliki kepribadian yang baik dan jujur. Karena tidak semua siswa SMA dapat melanjutkan pendidikannya ke universitas. Dan tidak semua siswa SMK dapat mudah mendapatkan pekerjaan.

Semoga artikel mengenai Panduan Memilih / Melanjutkan ke SMK atau SMA menambah wawasan kita. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Nafiun.com.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Panduan Memilih / Melanjutkan ke SMK atau SMA Biar Gak Bingung

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah secara bijak. Komentar yang tidak sesuai materi akan dianggap sebagai SPAM dan akan dihapus.
Aturan Berkomentar :
1. Gunakan nama anda (jangan anonymous), jika ingin berinteraksi dengan pengelola blog ini.
2. Jangan meninggalkan link yang tidak ada kaitannya dengan materi artikel.
Terima kasih.