Nafiun.com

Jurnal, Artikel Ilmiah, Referensi, Sains, Teknologi, Materi Pelajaran, Cerita Rakyat, Dongeng.

Tuesday, August 11, 2015

Pengertian Kemoautotrof, Kelompok, Contoh

Kemoautotrof adalah organisme yang mampu mensintesis molekul organik mereka sendiri dari fiksasi karbondioksida. Organisme ini mampu menghasilkan sumber makanan mereka sendiri, atau energi. Energi yang dibutuhkan untuk proses ini berasal dari oksidasi molekul anorganik seperti besi, belerang atau magnesium. Kemoautotrof dapat berkembang pada lingkungan yang sangat ekstrim, seperti ventilasi laut dalam, karena kurangnya ketergantungan pada sumber-sumber luar karbon selain karbon dioksida. Kemoautotrof termasuk bakteri nitrogen yang ada di tanah, bakteri pengoksidasi besi yang terletak di lava, dan bakteri pengoksidasi belerang atau sulfur yang terletak di ventilasi hidrotermal laut dalam.

Kelompok Kemoautotrof 


Kemoautotrof yang telah dikenal mencakup beberapa spesies bakteri dan archaea (kerajaan organisme bersel tunggal yang biasanya hidup di lingkungan ekstrim). Kemampuan organisme kemoautotrof untuk membuat makanan mereka sendiri dari bahan kimia memungkinkan mereka untuk hidup dalam kondisi yang ekstrim. Beberapa bakteri kemoautotrof ditemukan di ventilasi hidrotermal laut dalam dan lingkungan yang sangat asam. Organisme ini diyakini sebagai beberapa organisme hidup yang paling awal karena mereka akan mampu bertahan hidup dari bahan kimia yang hadir pada awal keberadaan bumi. Beberapa bahan kimia yang mereka gunakan adalah besi, nitrogen, sulfur dan magnesium.

Contoh Kemoautotrof


Mari pertama-tama kita melihat organisme kemoautotrof yang hidup di ventilasi hidrotermal laut dalam. Bahan kimia utama yang tersedia di lingkungan ini adalah sulfur. Kemotrof yang menggunakan sulfur disebut sebagai kemotrof pengoksidasi sulfur. Bakteri dan archaea yang tinggal di sini dapat mengambil belerang dan menciptakan sulfat. Sulfat kemudian dapat dikonversi menjadi bahan kimia berbasis karbon yang menyediakan makanan. Archaea dan bakteri kemotrof di ventilasi hidrotermal laut dalam cenderung menjadi produsen utama makanan untuk ekosistem mereka.

Bakteri pengikat nitrogen adalah contoh lain dari kemoautotrof. Mereka menggunakan nitrogen yang terletak di tanah sebagai sumber energi dan mengubahnya menjadi nitrat. Bakteri ini memasok sumber makanan organik untuk diri mereka sendiri dan tanaman di dekatnya. Cyanobacteria merupakan jenis bakteri pengikat nitrogen yang hidup di air. Organisme ini memiliki fungsi yang sama di lingkungan mereka.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Kemoautotrof, Kelompok, Contoh

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah secara bijak. Komentar yang tidak sesuai materi akan dianggap sebagai SPAM dan akan dihapus.
Aturan Berkomentar :
1. Gunakan nama anda (jangan anonymous), jika ingin berinteraksi dengan pengelola blog ini.
2. Jangan meninggalkan link yang tidak ada kaitannya dengan materi artikel.
Terima kasih.