Nafiun.com

Jurnal, Artikel Ilmiah, Referensi, Sains, Teknologi, Materi Pelajaran, Cerita Rakyat, Dongeng.

Thursday, June 5, 2014

Gejala atau Tanda-tanda Penyakit Herpes dan Cara Menghindarinya

Perpustakaan Cyber (6/6/2014) - Penyakit herpes merupakan penyakit menular. Penyakit ini bisa menular lewat sentuhan dengan orang yang sudah terjangkit penyakit ini sebelumnya. Adapun penyebab dari penyakit herpes adalah virus Varicella zoster. Virus ini menyebabkan gelembung kecil-kecil yang di dalamnya berisi air dan hanya terletak di bagian tertentu yang jumlahnya banyak. Penyakit herpes di bagi menjadi dua jenis herpes antara lain herpes zoster dan herpes genitalis. Herpes zoster adalah herpes yang menyerang kulit. Sedangkan herpes genitalis adalah salah satu penyakit kelamin pada manusia. Seseorang yang terkena penyakit ini akan merasakan demam, nyeri sendi sesak nafas yang di sertai dengan demam yang menggigil.

Berikut kita akan membahas terlebih dahulu herpes zoster. Virus ini sama dengan virus yang menyebabkan sakit cacar air. Jadi wajib hati-hati jika dahulu anda pernah terkena cacar air. Terkena herpes zoster biasanya tidak sampai menyebabkan komplikasi namun seandainya terjadi komplikasi maka akan terjadi hal berikut.

1. Neuralgia

Neuralgia ini merupakan nyeri pada syaraf tubuh. Biasanya nyeri pada tubuh ini biasanya menyerang seseorang di bawah usia lima puluh tahun. Rasa nyeri ini berlangsung biasanya setelah gelembung-gelembung pada kulit menghilang. Reaksi antara satu orang dengan orang lainnya sangat berbeda. Ada yang dalam satu bulan nyeri tersebut hilang. Namun ada juga pada beberapa orang belum sembuh jika belum di lakukan pengobatan oleh dokter.

2. Infeksi kulit

Akibat virus ini terkadang kulit menjadi infeksi. Hal itu di tandai dengan gelembung atau pun bintik merah di kulit. Jika di bawa ke dokter biasanya pertolongan pertama yang di lakukan oleh dokter adalah pemberian antibiotik.

3. Masalah mata

Jika herpes menyerang mata perlu di waspadai. Periksakan segera ke dokter karena jika terlambat akan menimbulkan bahaya. Pada tingkat yang berbahaya peradangan mata dapat mengancam penglihatan.

4. Kelemahan otot

Pada penderita herpes yang menyerang otot sensorik dan motorik dapat menimbulkan kelemahan otot. Kelemahan otot ini akan membuat kita lemah dalam menyampaikan pesan dari otak menuju otot guna melakukan aktivitas sehari-hari.

Setelah kita mengetahui mengenai herpes zoster maka kita juga perlu mengetahui herpes yang biasanya di sebut dengan herpes kelamin. Herpes kelamin atau yang biasa di sebut herpes genital ini sangat berbahaya. Jika anda sering mendengat berita yang akhir-akhir ini sedang marak di bicarakan mengenai herpes genital atau herpes kelamin. Herpes genital ini dapat menimbulkan nanah yang keluar dari sekitar alat kelamin. Nanah yang timbul biasanya di sertai dengan rasa gatal, demam dan kesemutan. Alangkah lebih baik jika kita tahu bagaimana cara menghindari tertular penyakit herpes dua atau herpes genital ini. 

Berikut cara menghindari tertular penyakit herpes genital adalah :

1. Menggunakan kondom

Penggunaan kondom ketika berhubungan seksual akan mengurangi resiko tertular penyakit herpes genital. Menurut penelitian penggunaan kondom latex yang benar tidak akan bisa di lewati virus herpes.

2. Jujur pada pasangan

Apabila kita ingin berhubungan seksual akan lebih baik jika kita jujur jika memiliki penyakit ini. Suami atau pun istri kita akan sabar dan setia mendampingi pengobatan demi kesembuhan dan kesehatan dalam berhubungan seksual yang sehat dan menyenangkan.

3. Hindari Oral s*ks

Hindari melakukan oral seks saat istri sedang terkena herpes di mulut. Sembuhkan dulu sakitnya itu akan lebih baik di lakukan. Untuk menghindari tertularnya penyakit tersebut.

4. Setia pada satu pasangan

Setia pada satu pasangan sangat wajib di lakukan. Selain untuk menghormati norma sosial maka anda juga akan menghormati norma agama. Ingat Tuhan selalu melihat kita dan apapun yang kita lakukan semua pasti ada pertanggungjawabannya.

Semoga artikel mengenai Penyakit Herpes menambah wawasan kita. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Gejala atau Tanda-tanda Penyakit Herpes dan Cara Menghindarinya

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah secara bijak. Komentar yang tidak sesuai materi akan dianggap sebagai SPAM dan akan dihapus.
Aturan Berkomentar :
1. Gunakan nama anda (jangan anonymous), jika ingin berinteraksi dengan pengelola blog ini.
2. Jangan meninggalkan link yang tidak ada kaitannya dengan materi artikel.
Terima kasih.