Nafiun.com

Jurnal, Artikel Ilmiah, Referensi, Sains, Teknologi, Materi Pelajaran, Cerita Rakyat, Dongeng.

Tuesday, April 11, 2017

Wanita Dan Pria Melihat Sesuatu Dengan Cara Berbeda

Wanita Dan Pria Melihat Sesuatu Dengan Cara Berbeda - Penelitian baru yang diterbitkan dalam BioMed Central jurnal biologi, menemukan bahwa cara kerja pusat-pusat visual otak pada pria dan wanita bekerja secara berbeda. Pria memiliki sensitivitas yang lebih besar terhadap detail halus dan rangsangan yang bergerak sangat cepat, sedangkan perempuan lebih baik dalam membedakan warna.

Pada otak terdapat konsentrasi tinggi dari reseptor hormon seks pria (androgen) di seluruh bagian korteks serebral, terutama pada bagian korteks visual yang bertanggung jawab untuk memproses gambar. Hormon androgen juga bertanggung jawab untuk mengendalikan perkembangan neuron di bagian korteks visual selama masa embriogenesis, hal ini berarti bahwa pria memiliki 25% lebih banyak neuron daripada perempuan.

Para peneliti dari Brooklyn and Hunter Colleges of the City University, New York, membandingkan visi pria dan wanita berusia di atas 16 tahun dari dua perguruan tinggi dan sekolah tinggi, termasuk mahasiswa dan staf. Semua relawan diharuskan untuk memiliki penglihatan warna yang normal dan penglihatan mata yang baik (20/20  ketika dikoreksi dengan kacamata atau lensa kontak).

Ketika para relawan diminta untuk mendeskripsikan warna yang ditampilkan kepada mereka di sepanjang spektrum visual, sangat jelas bahwa visi mengenai warna pada laki-laki memiliki pergeseran, dan pria membutuhkan panjang gelombang yang sedikit lebih panjang untuk melihat rona yang sama dengan wanita. Para pria juga memiliki jangkauan yang lebih luas di tengah spektrum di mana mereka kurang mampu membedakan antar warna.
Pria dan wanita
Penelitian baru menemukan bahwa cara kerja pusat-pusat visual otak pada pria dan wanita bekerja secara berbeda. Pria memiliki sensitivitas yang lebih besar terhadap detail halus dan rangsangan yang bergerak sangat cepat, sedangkan perempuan lebih baik dalam membedakan warna. (Credit: iStockphoto)
Sebuah gambar berbentuk bar/batang terang dan gelap digunakan untuk mengukur contrast-sensitivity functions (CSF) dari penglihatan, relawan harus memilih mana yang mereka lihat baik itu gambar horizontal atau vertikal. Dalam setiap gambar, ketika gambar terang dan gelap berganti-ganti gambar akan tampak berkedip.

Dengan memvariasikan seberapa cepat pergantian gambar atau seberapa dekat gambar tersebut, tim peneliti menemukan bahwa pada tingkat perubahan gambar moderat, pengamat kehilangan sensitivitas untuk gambar yang berdekatan secara bersamaan dan mereka baru memperoleh sensitivitas penglihatan ketika gambar jauh terpisah. Namun ketika perubahan gambar lebih cepat baik pria maupun wanita kurang mampu menangkap seluruh lebar gambar. Secara keseluruhan para pria lebih mampu untuk merespon terhadap perubahan gambar yang lebih cepat daripada wanita.

Prof Israel Abramov, yang memimpin studi ini berkomentar, “Sama seperti dengan indera lainnya, seperti pendengaran dan sistem penciuman, ada perbedaan antara penglihatan pada pria dan wanita. Unsur-unsur penglihatan yang kami ukur ditentukan oleh input dari thalamic neurons ke korteks visual primer. Kami menduga bahwa, karena neuron ini dipandu oleh korteks selama embriogenesis, testosteron memainkan peran utama. Entah bagaimana hal tersebut mengarah pada konektivitas yang berbeda antara pria dan wanita. Kekuatan pendorong evolusi antara perbedaan ini masih kurang jelas.”

Referensi Jurnal :
  1. Israel Abramov, James Gordon, Olga Feldman, Alla Chavarga. S*x & vision I: Spatio-temporal resolution. Biology of S*x Differences, 2012; 3 (1): 20 DOI: 10.1186/2042-6410-3-20
  2. Israel Abramov, James Gordon, Olga Feldman, Alla Chavarga. S*x and vision II: color appearance of monochromatic lights. Biology of S*x Differences, 2012; 3 (1): 21 DOI: 10.1186/2042-6410-3-21
Artikel ini merupakan terjemahan dari tulisan ulang berdasarkan materi yang disediakan oleh BioMed Central Limited via Science Daily (31Agustus 2012). Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Wanita Dan Pria Melihat Sesuatu Dengan Cara Berbeda

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah secara bijak. Komentar yang tidak sesuai materi akan dianggap sebagai SPAM dan akan dihapus.
Aturan Berkomentar :
1. Gunakan nama anda (jangan anonymous), jika ingin berinteraksi dengan pengelola blog ini.
2. Jangan meninggalkan link yang tidak ada kaitannya dengan materi artikel.
Terima kasih.