Nafiun.com

Jurnal, Artikel Ilmiah, Referensi, Sains, Teknologi, Materi Pelajaran, Cerita Rakyat, Dongeng.

Thursday, March 21, 2013

Tanah Liat Nano Mampu Memperkuat Aspal

Tanah Liat Nano Mampu Memperkuat Aspal - Jauh sebelum ada jalan raya dan tempat parkir, Babilonia menggunakan aspal alami untuk memperkuat jalan mereka. Anda masih bisa melihat bekas aspal tersebut di kota kunonya, meskipun sudah dibangun sejak 600 SM. Pada abad ke-21, aspal modern tidak mungkin untuk terus bertahan hingga 2.700 tahun, mengingat tingginya tingkat lalu lintas sekarang. Ilmuwan yang bernama Zhanping dari Michigan Technological University, telah menemukan aspal campuran baru untuk bertahan melawan retakan dan lubang.

“Aspal yang digunakan sekarang terbuat dari minyak bumi, sehingga sangat mahal,” kata You, seorang profesor teknik sipil dan lingkungan. ”Akibatnya, banyak orang mencari cara untuk membuatnya lebih tahan lama.”

Panas, dingin dan tekanan lalu lintas merupakan faktor yang merusak aspal yang sekarang terbuat dari campuran aspal dan kerikil. Hal tersebut membuat aspal menjadi retak dan berlubang. Aspal paling sering rusak pada jalan yang sibuk, daerah dengan lalu lintas yang lambat, dan daerah dengan tanda berhenti dan lampu merah, di mana karet roda kendaraan mengahantam jalanan ribuan kali tiap harinya.
aspal jalan
Pelapisan aspal jalan (Foto: solopos.com)
“Kerusakan pada aspal bisa sangat berbahaya, terutama di daerah salju dan es,” kata You. ”Jika kita bisa menggunakan bahan yang lebih berkualitas untuk mengurangi kerusakannya, hal itu akan sangat bermanfaat bagi masyarakat.”

You dan timnya menguji dua jenis nanoclays (tanah liat nano), tanah liat ini hanya 2-4 persen berat pada aspal, akan tetapi tanah liat tersebut membuat perbedaan besar.

“Tanah liat tersebut meningkatkan viskositas (pengukuran terhadap ketahanan fluida yang diubah baik dengan tekanan maupun tegangan) secara signifikan,” kata You. ”Itu berarti akan memberikan kekuatan dan kekokohan yang lebih baik pada aspal, yang berarti aspal tidak akan berubah bentuk secara drastis dalam cuaca panas atau di bawah lalu lintas yang berat.”

Mereka belum tahu apakah tanah liat ini dapat membantu melawan retakan pada cuaca dingin atau di bawah beban berat, karena pengujian mereka belum selesai. ”Akan tetapi tujuan kami adalah untuk selalu mengembangkan campuran aspal baru dengan kualitas yang tinggi,” kata You.

Labortorium tempat You bekerja juga menguji bagaimana material-material nano lainnya, termasuk nano silika dan nano-komposit, akan mempengaruhi daya tahan aspal.

Referensi jurnal :

Zhanping You, Julian Mills-Beale, Justin M. Foley, Samit Roy, Gregory M. Odegard, Qingli Dai, Shu Wei Goh. Nanoclay-modified asphalt materials: Preparation and characterization. Construction and Building Materials, 2011; 25 (2): 1072 DOI: 10.1016/j.conbuildmat.2010.06.070

Artikel ini merupakan terjemahan dari tulisan ulang berdasarkan materi yang disediakan oleh Michigan Technological University via Newswise dan Science Daily. Penulis artikel aslinya adalah Marcia Goodrich. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tanah Liat Nano Mampu Memperkuat Aspal

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah secara bijak. Komentar yang tidak sesuai materi akan dianggap sebagai SPAM dan akan dihapus.
Aturan Berkomentar :
1. Gunakan nama anda (jangan anonymous), jika ingin berinteraksi dengan pengelola blog ini.
2. Jangan meninggalkan link yang tidak ada kaitannya dengan materi artikel.
Terima kasih.