Nafiun.com

Jurnal, Artikel Ilmiah, Referensi, Sains, Teknologi, Materi Pelajaran, Cerita Rakyat, Dongeng.

Monday, September 4, 2017

Inilah Struktur Kromosom dan Penjelasannya

Struktur kromosom dan bagiannya

Makhluk hidup yang ada di alam ini tidak semuanya mempunyai struktur kromosom yang sama dengan kromosom manusia. Bakteri dan virus mempunyai kromosom sirkuler (membulat). Kromosom mempunyai 2 bagian utama yaitu sentromer (kinetokor) dan lengan.

1) Sentromer (Kinetokor)

Sentromer disebut juga bagian kepala kromosom. Bagian ini berfungsi sebagai tempat melekatnya benang-benang gelendong pembelahan pada waktu sel membelah.

2) Lengan Kromosom

Kromosom dapat mempunyai satu buah lengan atau dua buah lengan, bahkan ada yang tidak mempunyai lengan. Kromosom dengan dua lengan dapat mempunyai lengan yang sama panjang atau berbeda panjangnya (lengan yang satu panjang dan lengan yang lain pendek).

Bagian lengan berisi cairan yang dinamakan matriks. Pada matriks tersebut terdapat benang halus atau pita berbentuk spiral yang disebut kromonema (jamak = kromonemata). Perhatikan Gambar 1.1. 

Bagian bagian kromosom
Gambar 1.1. Bagian-bagian kromosom
Penebalan dari kromonema ini disebut kromomer. Ada yang menganggap kromomer tersebut sebagai nukleoprotein. Di daerah tertentu pada lengan kromosom terbentuk lekukan sekunder.

Lekukan sekunder berfungsi sebagai tempat terbentuknya anak inti atau nukleolus. Pada daerah ujung kromosom (ujung lengan) terdapat bagian yang disebut telomer. Fungsi bagian ini untuk mencegah agar kromosom satu dan yang lain tidak berlekatan. Pada beberapa kromosom terdapat bentukan bulat di bagian ujung lengannya, disebut satelit.


Referensi :

Rochmah, S. N., Sri Widayati, Mazrikhatul Miah. 2009. Biologi : SMA dan MA Kelas XII. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 282.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Inilah Struktur Kromosom dan Penjelasannya