Nafiun.com

Jurnal, Artikel Ilmiah, Referensi, Sains, Teknologi, Materi Pelajaran, Cerita Rakyat, Dongeng.

Thursday, July 18, 2019

Bioteknologi

Artikel Makalah Pengertian Bioteknologi Konvensional dan Modern - Bioteknologi adalah teknologi pemanfaatan mikroorganisme untuk menghasilkan produk yang berguna bagi manusia. Teknologi adalah perkembangan ilmu terapan (applied science) yang menyebabkan transformasi atau perubahan, baik tentang teknik, prosedur, atau bahan sesuai dengan kebutuhan proses produksi. Siapa tak kenal tempe? Meski terlanjur dipatenkan oleh orang Jepang, makanan ini telah begitu populer di negeri kita. Tentu saja demikian, sebab konon tanah tumpah darah tempe memanglah Indonesia. Bung Karno pernah menyebut orang-orang pemalas sebagai “bangsa bermental tempe”.

Tapi kini kita boleh saja membantah julukan itu. Toh, terbukti tempe bergizi tinggi. Di dalamnya terkandung protein, karbohidrat, dan vitamin. Maka, tempe pun dikonsumsi sebagai lauk pauk, pelengkap sayur, bahkan ada yang dimakan langsung tanpa dimasak. Begitu hebatnya tempe, karena memang ia tak dibuat dengan asal buat. Pembuatan tempe melibatkan peran suatu mikroorganisme, yakni jamur benang. Sehingga, tempe merupakan satu contoh produk bioteknologi.

Pada bab ini, kalian akan mempelajari pengertian dan jenis-jenis bioteknologi serta implikasi (dampak) bioteknologi pada sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat (salingtemas). Setelah mempelajarinya, kalian diharapkan dapat menjelaskan perbedaan prinsip dan produk bioteknologi konvensional dan modern, termasuk di dalamnya adalah proses rekayasa genetika. Selain itu, kalian diharapkan dapat mengidentifi kasi sumber-sumber agen (mikroorganisme) yang berperan dalam bioteknologi dan menjelaskan keuntungan serta kerugian dari produk bioteknologi.

1. Pengertian Bioteknologi

2. Bioteknologi Konvensional

3. Bioteknologi Modern

4. Dampak Positif dan Negatif Bioteknologi

5. Produk Bioteknologi

6. Contoh Bioteknologi

Anda sekarang sudah mengetahui Bioteknologi. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Rochmah, S. N., Sri Widayati, Mazrikhatul Miah. 2009. Biologi : SMA dan MA Kelas XII. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 282.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Bioteknologi

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah secara bijak. Komentar yang tidak sesuai materi akan dianggap sebagai SPAM dan akan dihapus.
Aturan Berkomentar :
1. Gunakan nama anda (jangan anonymous), jika ingin berinteraksi dengan pengelola blog ini.
2. Jangan meninggalkan link yang tidak ada kaitannya dengan materi artikel.
Terima kasih.